Desa Binaan PERMASETA

DATA HASIL AKHIR

INFORMASI DESA BINAAN PERMASETA

Desa Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

 a.    Gambaran Umum

Kucur adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Desa ini memiliki beberapa dusun salah satunya Dusun Sumberbendo. Di dusun ini banyak penduduknya yang berprofesi sebagai petani. Baik yang bertani di lahan sendiri maupun dengan menyewa lahan. Komoditas yang dihasilkan adalah jeruk, cabai, kubis, dan jahe. Selain menjadi petani ada beberapa penduduk yang berprofesi sebagai peternak sapi. Namun kebanyakan sapi-sapi tersebut bukan milik mereka, melainkan milik orang lain yang kemudian dirawat oleh mereka.

Sasaran yang akan dijadikan obyek pemberdayaan adalah keluarga atau rumah tangga yang mempunyai penghasilan rendah atau yang dibawah garis kemiskinan, dengan obyeknya adalah pasangan suami istri (pasutri) yang berjumalah 10 pasang. Ini dipilih karena kami ingin meningkatkan perekonomian mereka ke taraf yang lebih baik dengan program ini khususnya tingkat ekonomi serta menumbuhkan rasa kemandirian. Contohnya seperti Bapak Juleni yang bekerja di bidang pertanian yang lahannya milik Perhutani. Jika terjadi sesuatu, misalnya seperti tidak boleh lagi bertani di lahan milik Perhutani, mereka tidak akan kehilangan penghasilan karena mereka bisa memanfaatkan kemampuan ataupun ilmu yang didapat dari program ini. Selain itu alasan kami memilih melakukan pemberdayaan secara berkelompok karena ingin menciptakan dan mengembangkan kemampuan kordinasi mereka, daya saing secara kelompok, dan kepemimpinan.

 

b.        Potensi

Potensi yang terdapat pada dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Batu ini memiliki potensi,  yang mempunyai keahlian dalam bertani dan beternak. Hal ini didasarkan oleh mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan peternak sapi, walaupun kebanyakan dari mereka, tidak memiliki lahan, ataupun ternak, sehingga dapat dikatakan mereka merupakan seorang buruh tani/ ternak. Dan juga banyaknya peternakan tersebut, karena mudahnya untuk mencari rumput di desa tersebut.

 

c.         Permasalahan

Berdasarkan wawancara kami dengan petani dan peternak di dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Permasalahan yang terjadi di adalah jauhnya sumber mata air, topografi dengan lereng yang cukup curam, SDM yang kurang pengetahuan ilmu teknologinya,masalah perekonomian. Mayoritas dari masyarakatnya bekerja sebagai buruh tani dan ternak, kebanyakan dari mereka tidak memiliki lahan. Sehingga mereka hanya mengandalkan dari pemilik lahan. Tidak hanya itu saja, permasalahan yang terjadi adalah masalah air, untuk mendapatkan air di desa tersebut sangatlah susah, apalagi pada musim kemarau, walaupun desa tersebut dekat dengan sumber air. Tetapi saaat ini sekitar 1 tahun yang lalu adanya penyaluran air yang berasal dari sumber, sayangnya untuk mendapatkan air, mereka harus membayar. Hal ini sangatlah menjadi masalah masyarakat, karena untuk mendapatkan air mereka harus mengeluarkan dana, padahal untuk kebutuhan sehari – hari saja mereka sangatlah susah.

Jika musim kering masyarakat susah air, sehingga mereka harus ke sungai untuk mencukupi kebutuhannya, seperti: mencuci, mandi, dll. Hal ini tidak lah sehat bagi kesehatannya. Dan yang berprofesi sebagai petani, beralih profesi sebagai tukan pencari rumput (ngarit) karena susahnya mendapakan air. Hal ini dapat dilihat didesa tersebut, tidak adanya budidaya padi karena padi sangatlah membutuhkan air yang banyak, dan kebanyakan dari mereka hanya berbudidaya tanaman yang sekiranya tidak membutuhkan air yang banyak, seperti jahe, dll.

Permasalahan dari mereka juga adalah modal. Mereka sangatlah susah mencari modal, mereka ingin memiliki usaha sendiri dan tidak tergantung pada orang lain. Tetapi jika modal tidak ada, apa yang akan mereka usahakan, sehingga mereka hanya stag menjadi seorang buruh. Jika mereka mendapatkan modal, mereka mau berusaha untuk menjadi mandiri.

 

d.        Kelembagaan dan Informasi yang Tersedia

Kelembagaan dan informasi yang kami dapatkan adalah gapoktan. Gapoktan di desa Kucur merupakan gapoktan yang aktif. Hal ini dapat dikatakan adanya pertemuan yang rutin. Sehingga mereka sangatlah dekat dengan masyarakat di sana. Dari sini, kami akan mengetahui secara garis besar kondisi permasalahan yang terjadi di desa tersebut. Sehingga informmasi yang kami peroleh tidak hanya dari petani tetapi juga dari lembaga yang terkait untk mendukung informasi  -informasi mengenai permasalahan yang terjadi di dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau.

 

TRANSEK DESA BINAAN PERMASETA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *