Departemen Sosma

DEPARTEMEN SOSIAL MASYARAKAT (SOSMA)

Departemen Sosia Masyarakat (SOSMA) merupakan salah satu Departemen yang bergerak pada bidang sosial dan kemasyarakatan dalam rangka pemwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Landasan gerak Departemen Sosial Masyarakat (SOSMA) adalah Hati Nurani dan keikhlasan untuk berbagai kebahagiaan kepada seluruh manusia dan lingkungannya. Karena, pada dasarnya mencari kebahagiaan itu sangatlah mudah, salah satunya adalah dengan “memberi”.

Bagaimana bisa dengan memberi dapat berdampak besar kepada diri kita dan orang lain tentunya?. Karena, lebih berbahagia memberi dari pada menerima dan ada keajaiban dibalik memberi. Suatu rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang yang berjiwa besar.

“Memberi itu menyehatkan lo…”

Dr. Allan Kuts mengadakan penelitian yang melibatkan 3.000 sukarelawan, mengambil kesimpulan, ” memberi atau menolong orang lain dapat mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa stres, meningkatkan endorfin dan meningkatkan kesehatan”

Prof. David Mc clelland juga menambahkan bahwasannya, “melakukan sesuatu yang positif terhadap orang lain akan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sebaliknya orang kikir cenderung terserang penyakit.. Mengapa demikian, karena orang kikir biasanya cinta uang, bila uangnya sedikit berkurang maka dia akan stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang akan mengurangi kekebalan tubuh.

 “Memberi mendatangkan kebahagiaan yang luar biasa, ketika kita mengulurkan tangan untuk menolong sesama dan berbagi dengan kehidupan mereka maka kita akan merasakan kebahagiaan yang mendalam, hidup jauh lebih berarti karena memberi”.

            Bersama Permaseta terutama Departemen Sosial Masyarakat (SOSMA) diharapkan seluruh anggota permaseta dapat terfasilitasi dan bersama untuk memajukan bangsa besar ini dengan bermodal gerak mahasiswa sebagai manusia intelektual untuk menjadi garda terdepan membela rakyat.

“Ayo Berikan Yang Terbaik Darimu Pemuda Untuk Negeri Tercinta Indonesia”

 

TUGAS DEPARTEMEN SOSIAL MASYARAKAT (SOSMA):

  1. Pengembangan kualitas dan kuantitas aksi sosial dalam rangka peningkatan kemandirian masyarakat dan kepekaan mahasiswa
  2. Membuat suatu program kerja kegiatan yang terencana untuk melakukan pembinaan terhadap suatu komunitas atau lingkungan dalam upaya pengabdian kepada masyarakat serta sarana peningkatan keterampilan dan kepekaan mahasiswa dibidang pertanian.

PROGRAM KERJA DEPARTEMEN SOSIAL MASYARAKAT (SOSMA):

  1. Pencarian dan Pendataan Desa Binaan
  2. Bakti Sosial Permaseta
  3. Permaseta Peduli
  4. Hari Tani Nasional

 

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI dan SOSMA PERMASETA

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tri Dharma Perguruan Tingi merupaka salah satu tujuan pencapain yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut. Terdapat tiga poin penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu:

  1. Pendidikan dan Pengajaran
  2. Penelitian dan Pengembangan
  3. Pengabdian Kepada Masyarakat

Departemen Sosial Masyarakat berusaha keras untuk memasukkan 3 visi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kegiatan-kegiatannya. Berikut penjelasan beberapa kegiatan dari Dept. SOSMA dalam penerapannya diTri Dharma Perguruan Tinggi.

  1. Pendidikan dan Pengajaran

Beberapa kegiatan dari Dept. SOSMA dalam mengkaji beberapa hari-hari peringatan nasional dan internasional seperti Hari Tani Nasional ataupun Hari Bumi Internasional memerlukan pengkajian khusus dalam mengambil tema dan menyuarakan hal tersebut kepada seluruh masyarakat dengan hal atau cara seperti apa yang efektif dan efisien sehingga masyarakat dapat menerima apa yang kami informasikan atau suarakan. Hal tersebut juga tidak lepas dari kajian-kajian yang didapatkan di kegiatan pembelajaran perkuliahan seperti di Hari Tani kami mengambil tema Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Tantangan atau Peluang bagi pertanian Indonesia. Hal tersebut memungkinkan kita pengurus dan anggota Permaseta mengetahui dampak apa saja yang akan muncul dan juga solusi apa yang seharusnya dilakukan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN ini.

 

  1. Penelitian dan Pengembangan

Didalam Program Kerja Permaseta Peduli terdapat kajian-kajian menarik yang akan disuarakan pengurus Departemen SOSMA untuk seluruh Anggota Permaseta melalui media-media pendukung dari Departemen INFOKOM Permaseta seperti Media Sosial (Facebook, Twitter) ataupun Website resmi FP (Agriwarta) dan UB (Prasetya Online).

Konsep Penelitian adalah Introduksi Masalah, Justifikasi, Kronologi Masalah dan Konsep Solusi. Melalui Permaseta Peduli, banyak petani-petani ataupun beberapa lembaga masyarakat yang cukup tertolong dengan solusi yang kami berikan tentunya dengan analisa dan interviewer kami melalui sumber-sumber terpercaya atau ahli seperti dosen.

Adapun Program Kerja lainnya seperti pencarian dan pendataan desa binaan. Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pertanian perlu tahapan-tahapan kompleks untuk tercapainnya program pemberdayaan yang tepat untuk diterapkan oleh seluruh anggota Permaseta. Tahapan-tahapan program pemberdayaan seperti penjelasan dibawah ini:

 

Tentunya pada pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Pertanian inipun perlu waktu yang panjang dan proses yang berkelanjutan agar terciptanya tujuan pengabdian masyarakat atau pemberdayaan masyarakat yaitu tercapaianya visi bersama dari mashasiswa sebagai fasilitator dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

  1. Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat adalah suatu hal yang sangat erat dengan Departemen Sosial Masyarakat. Contoh kegiatan yang berhubungan dengan hal ini adalah Desa Binaan Permaseta yang diawali dengan Pencarian dan Pendataan Desa Binaan yang akan seterusnya berlanjut/bertahap dengan metode-metode pemberdayaan masyarakat dengan harapan kesejahteraan masyarakat. Secara garis besar sebenarnya seluruh kegiatan di Departemen SOSMA pada akhirnya adalah mengabdi untuk rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *